Cara Mengobati Amandel Secara Alami

Obat amandel – Amandel tentu saja bisa dirawat di rumah dengan bahan-bahan yang sudah tersedia. Amandel adalah istilah umum untuk orang yang mengalami pembengkakan atau pembesaran nodul di kiri dan kanan di belakang rongga mulut.

Amandel sering menyebabkan anak-anak terus-menerus masuk angin, sulit makan, dan mudah sakit. Oleh karena itu, orang tua harus mengetahui cara menangani amandel secara alami. Amandel yang membengkak sering kali disebabkan oleh infeksi virus dan / atau bakteri.

Dalam bahasa kedokteran, amandel disebut sebagai “amandel”, yang berperan sebagai kekebalan dan melindungi dari patogen yang masuk ke dalam pencernaan. Amandel ini adalah sepasang kelenjar getah bening di bagian belakang tenggorokan. Jika Anda mengalami infeksi, itu disebut “tonsilitis” atau tonsilitis dalam bahasa umum.

Orang tua biasanya merasa kewalahan ketika anak-anak mereka mulai khawatir tentang peradangan yang mengganggu aktivitas anak mereka. Pembengkakan tersebut akan mempengaruhi imunitas anak, demam tinggi, sakit tenggorokan, nyeri saat menelan, susah makan, lesu, sesak nafas, dan sakit telinga. Selain segera ke dokter, amandel juga bisa diobati secara alami di rumah.

Faktanya, amandel bisa sembuh dengan sendirinya tanpa operasi selama sistem kekebalan tubuh pasien kuat dan mempertahankan gaya hidup terutama makanan. Pembedahan dapat digunakan sebagai pilihan terakhir ketika tonsilitis sering kambuh atau karena amandel yang membengkak telah menutupi esofagus sepenuhnya.

Selain menghemat tenaga dan biaya, cara mengobati amandel secara alami sangat bermanfaat sebagai alternatif sebelum pemeriksaan kesehatan. Nah, berikut adalah LIputan6.com, rangkuman dari berbagai sumber tentang cara mengobati amandel secara alami yang bisa dilakukan di rumah.

1. Istirahat yang cukup

Cara pertama mengobati amandel secara alami adalah dengan istirahat yang cukup. Orang dengan amandel harus banyak istirahat, karena ini dapat membantu tubuh melawan infeksi virus atau bakteri. Tidak perlu membebani diri dengan serangkaian aktivitas berat, dan yang terbaik adalah tidur yang cukup di siang dan malam hari.

2. Hindari merokok

Bagi Anda yang merupakan perokok aktif, saat mengalami tonsilitis sebaiknya berhenti merokok. Bagi orang lain yang merupakan perokok pasif, hindari paparan asap rokok atau zat lain yang dapat mengiritasi sistem pernapasan.

3. Minum banyak air

Pengobatan tonsilitis secara alami juga dapat meningkatkan asupan cairan dalam tubuh dengan mengkonsumsi minuman hangat, sup, kaldu, dan teh hangat. Saat Anda mengalami tonsilitis, Anda sering minum air panas. Sediakan air minum bersih dalam botol besar yang selalu Anda bawa saat menonton TV atau di tempat tidur, jadi ingatlah untuk memperbanyak cairan tubuh Anda.

4. Gunakan pelembab

Udara kering di kamar tidur Anda akan memperlambat proses penyembuhan sakit tenggorokan dan memperparah iritasi. Cara merawat amandel secara alami Gunakan moisturizer sebagai pelembab. Ini akan membantu meredakan ketidaknyamanan pada amandel, terutama bila digunakan pada malam hari. Tidur dengan pelembab akan memberikan keajaiban bagi amandel.

5. Berkumur dengan air garam

Cara mudah berikutnya untuk mengobati amandel secara alami adalah dengan berkumur dengan air garam. Anda bisa melarutkan garam dalam secangkir air hangat, bilas dengan kepala sebentar lalu keluarkan. Lakukan ini beberapa kali untuk mengurangi nyeri sementara pada amandel.

6. Konsumsi jeruk nipis

Jeruk nipis atau lemon adalah bahan alami dan buahnya mudah ditemukan. Jeruk nipis dikenal karena sifat anti-virus, antibakteri, dan anti-inflamasi, dan dapat digunakan untuk mengobati amandel secara alami.

7- Makan kolam (layar)

Buah berwarna merah keunguan yang dikenal sebagai “buah langit” ini terbukti memiliki khasiat yang luar biasa dalam pengobatan amandel secara alami. Mengapa buah ara atau buah ara ini membantu? Karena kandungan lendirnya yang tinggi, dapat mengurangi nyeri tonsilitis atau tonsilitis.

8. Minum jus jambu biji

Selain enak dan menyegarkan, jus jambu biji juga menjadi cara khusus mengobati amandel secara alami. Jambu biji kaya akan vitamin C dan dipercaya dapat membantu mempercepat penyembuhan. Konsumsi jus jambu biji setiap hari untuk meredakan tonsilitis.

9. Berkumur dan minum cuka sari apel

Selain membantu menjaga kesehatan jantung, cuka sari apel juga bermanfaat dalam membantu mengobati tonsilitis. Cara termudah adalah dengan mencampurkan 1 sendok makan cuka sari apel dengan air hangat, bilas mulut dengan memiringkan kepala, lalu telan perlahan.

Jika belum terbiasa dengan pai cuka sari apel yang menyegarkan, Anda bisa menambahkan sesendok madu agar lebih nikmat.

10. Makan bawang putih

Selama ribuan tahun, bawang putih telah dianggap sebagai senyawa antioksidan, antibakteri, dan imunostimulan. Inilah mengapa bawang putih layak dijadikan cara mengobati amandel secara alami.

Nah itulah obat alami yang bisa kalian coba di rumah.Selamat mencoba !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *